29 Apr 2020

Yuk Kita Kenali Gejala Awal Virus Corona


Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Setiap kita menerima musibah sebaiknya ucapkan kalimat tersebut. Semua yang datang karena Allah dan yang pergi karena Allah. Sebagai muslim kita wajib mempercayai hal terbut. Sebagai manusia dan warga negara yang baik, tentu kita tidak boleh menyalakan siapapun terhadap musibah ini. Tentu sebagai manusia berakal kita telah mencari informasi mengenai virus corona, lengkap dari penularan hingga pencegahan. Hal yang harus dilakukan setelah mengetahui semua itu, tentu kita juga harus mengenali gejala awal virus corona.



Virus corona atau dikenal dengan covid 19 dikenal juga dengan istilah Novel Coronavirus (menyebabkan wabah di Kota Wuhan), Tiongkok pada Desember 2019 dan mulai menyebar ke negara lainnya mulai tahun 2020. Di Indonesia sendiri mengumumkan adanya covid 19 ini pada awal Maret 2020 lalu. Saat itu saya akan pergi menghadiri sebuah undangan dan harus berhenti sebentar untuk memastikan semua masih dalam tahap aman. 


Suamiku adalah orang pertama di rumah yang mendengarkan melalui gawainya mengenai pengumuman resmi dari Presiden Indonesia. Saat itu suamiku menahanku untuk tetap di rumah dan mengurangi aktifitas di luar rumah apalagi di tempat umum lainnya. Apalagi bertemu dengan banyak orang yang belum dikenal. Virus corona ini sejak dari Wuhan sudah dipahami sebagai virus yang tidak terlihat. Virus yang bisa dibawa oleh orang yang nampak sehat tetapi bagi sebagian orang yang berisiko menjadi sebuah hal yang memberatkan penyakitnya.

Hari-hari setelah Presiden mengumumkan dua orang pasien terindikasi covid 19, muncullah pasien-pasien lainnya. Bermunculan berita-berita, informasi-informasi hingga broadcast-broadcast melalui media sosial hingga batas yang tidak terbendung. Dalam satu WAG bisa tiga hingga empat jenis berita yang dibagikan oleh anggota WAG. Berita di televisi juga berulang-ulang menyiarkan informasi mengenai virus corona. Dan informasi yang paling dibutuhkan adalah bagaimana cara kita mengenali gejala awal virus corona.

Virus corona ini menyebar seperti virus-virus lainnya, melalui percikan (droplet)  pengidap melalui bersin, batuk atau saat berbicara dengan jarak dekat. Sentuhan tangan ke tangan atau wajah orang yang terinfeksi virus corona. Menyentuk mata, hidung, mulut dari tangan setelah memegang benda yang terkena percikan air liur dari penderita. Jadi virus corona adalah virus yang menular dari manusia ke manusia melalui cara tadi di atas. Tentu ada pencegahannya, namun virus ini tidak terlihat bahkan kadang tanpa gejala seseorang bisa membawa virus corona.

Lalu apa gejala awal virus corona itu sendiri?. Virus corona bisa menimbulkan beragam gejala bagi penderitanya. Gejala yang muncul ini tergantung pada jenis virus corona yang menyerang dan seberapa serius infeksi yang tejadi pada penderita. Berikut ini saya tuliskan gejala awal virus corona yang terbilang ringan.

  1. Hidung beringus
  2. Sakit Kepala
  3. Batuk
  4. Sakit Tenggorokan
  5. Demam
  6. Merasa Tidak Enak Badan
Beberapa virus corona dapat menyebabkan gejala yang parah, infeksinya dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia (disebabkan oleh covid 19), yang mengakibatkan gelaja-gejala sebagai berikut :
  1. Demam yang cukup tinggi bila pasien mengidap pneumonia
  2. Batuk dengan lendir
  3. Sesak nafas
  4. Nyeri dada atau sesak saat bernafas dan batuk
Infeksi dapat menjadi parah jika menyerang pada kelompok individu tertentu. Kelompok individu ini berasal dari individu yang memiliki riwayat penyakit jantung, memiliki riwayat penyakit paru-paru, individu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, bayi dan terakhir adalah lansia atau orang yang sudah berusia lanjut.

Itulah tadi gejala awal virus corona yang perlu kita kenali dan perhatikan. Semua permasalahan atau penyakit pasti dapat dicegah supaya tidak terinfeski sebaiknya kita mematuhi upaya-upaya pencegahannya. Jika ada individu yang merasa memiliki gejala tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter dan istirahat di rumah saja. Tujuannya supaya tidak terjadi penyebaran. Bagi indivdu yang sehat sebaiknya dipahami cara pencegahannya, menggunakan masker dan mencuci tangan setelah memegang benda-benda baik dari luar rumah maupun di dalam rumah. 

Insya Allah setelah kita mengetahui apa itu coronavirus, bagaimana penularannya, bagaimana pencegahan dan telah mengenali gejala awal virus corona. Kita semua diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT. Jika ada dari teman-teman lainnya yang masih ingin mengetahui informasi mengenai virus corona termasuk gejala awal virus corona, saya sarankan untuk mencari tahu melalui sumber yang terpercaya.

Halodoc adalah salah satu aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kesehatan teman-teman. Halodoc memberikan informasi juga mengenai dokter, rumah sakit, apotik dan asuransi yang terintegrasi dengan halodoc. Sebuah layanan kesehatan yang mudah, aman, nyaman dan bisa di gunakan di mana saja dan kapan saja. Halodoc juga memberikan fitur berbicara dengan dokter, membeli obat, pemeriksaan laboratorium, perlindungan kesehatan, dan ada fitur yang mengingatkan untuk meminum obat.

Semoga informasi bagaimana mengenali gejala awal virus corona di atas dapat mudah dipahami dan membuat kita tetap waspada ya. 




No comments:

Post a comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih