Sunday 9 May 2021

Lidah Kucing - Day 27

Alhamdulillah ikhtiar dan tawakal selama hampir 30 hari berpuasa Insya Allah akan bertemu dengan hari kemenangan. kemenangan dari ujian menahan lapar, dahaga, emosi dan keinginan yang membatalkan puasa. Alhamdulillah ramadan tahun ini, menjadi ramaadan pertama untuk anak bungsu belajar puasa. Alhamdulillah anaknya menurut dan latihan awal jam 10, jam 12, jam 4, jam 5 dan akhirnya bisa full sampai adzan maghrib.

lidah kucing

Suka dan dukanya pasti ada dong ya. Anak bungsu, anak perempuan, usia TK, cuaca sedang panas, ada kalanya melihat saya tidak berpuasa dan segala macam tantangan. Tantangan untuk si anak dan tentunya tantangan untuk saya sebagai ibu yang mendampingi.

Alhamdulillah setiap si anak bertanya kenapa harus berpuasa, kenapa berpuasa saat cuaca sedang panas, kenapa waktu berputar sangat lama, kenapa dan kenapa. Saya lantas bertanya, untuk siapakah puasamu? dan memastikan kondisinya baik-baik saja. Kondisi baik dalam arti tidak ada keluhan lainnya selain lapar dan haus.

Dan sebagai hadiah berpuasanya, saya meminta dia untuk memilih kue lebaran yang paling disuka. Tentunya dari bentuk dan namanya nih. Lah kok begitu? iya, kami keluarga yang tidak begitu suka kue lebaran. Kue lebaran yang umum ditunggu oleh orang banyak, yaitu kastengel, nastar, lidah kucing, sagu keju, putri salju dan lain-lain.

Si anak ini minta lidah kucing dari bentuknya yang lucu dan namanya yang unik. Jadi, sebelum kue pesanan saya ke teman diambil, saya memesan kembali lidah kucing yang rainbow. Teman saya membuat lidah kucing dengan berbagai versi, jadi saya minta si anak memilih nih.

Nama lidah kucing diambil dari bentuknya yang menyerupai lidah kucing (panjang dan tipis). Tahukah teman semua, kue ini berasal dari Belanda loh. Namanya dalam bahasa Belanda adalah "Katte Tong". Kue ini masuk ke Indonesia pada masa kolonisasi Belanda. 

Kue ini memiliki rasa manis, gurih, renyah dan enak sekali. Apalagi saat ini banyak pembuat kue yang membuat variasi toping atau warna. 

Bahan-bahan untuk membuat kue lidah kucing ini sangat mudah ditemukan loh. Teman semua hanya membuthkan mentega dan margarine, garam, gula bubuk, susu kental manis, keju chedar yang diparut, vanilla cream, dan telur. Saya belum mencoba karena paling tidak bisa mencetak adonan supaya ukurannya sama. Saat ini sudah banyak loyang yang sudah siap pakai untuk membuat kue lidah kucing ya, tapi saya belum punya nih. 

Nah, kalau teman-teman kue lebaran apa nih yang wajib ada di rumah? saya sih enggak ada yang wajib ya, asal ada makanan Insya Allah cukup. 

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih